?KEUTAMAAN YANG BESAR BAGI SESEORANG YANG SHALAT SUNNAH DIRUMAHNYA

?Assyaikh Al albaaniy Rahimahullah.

*?Faidah hadits?*

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
” Shalat Sunnahnya seseorang didalam rumahnya, (pahalanya) melebihi dari shalat Sunnahnya dengan Manusia, *Seperti keutamaan seseorang shalat berjamaah dibandingkan dengan shalat sendiri*

?Dikeluarkan oleh Abdurrazaq didalam kitab Almushannafnya (3/70/4835) demikian pula Ibnu Abi syaibah (2/256) dari Atstsauri dari Manshur dari Hilal Ibnu Yisaf dari Dhamrah Ibnu Habib Ibni Shuhaib dari seseorang dari sahabat Muhammad shalallahu alaihi wasallam dia mengatakan: …… (sebagaimana yang tersebut diatas).

✍Saya katakan(Assyaikh Al albaaniy Rahimahullah) : *ini adalah sanad yang shahih* semua perawinya tsiqah(terpercaya) dari perawi Muslim, selain Dhamrah, beliau adalah Zubaidi Alhimshiy, beliau adalah seorang tabi’in yang tsiqah(terpercaya) yang nampak dari sanadnya adalah waqf( disandarkan kepada sahabat).

✅ Namun padanya terdapat hukum marfu’ *(disandarkan kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam).*

✋Dikarenakan tidak mungkin untuk dikatakan ucapan tersebut(dari sahabat) dengan akal dan pendapatnya,

☀ sebagaimana hal ini jelas dan tidak tersamarkan bagi para ulama.

Sumber ?
Assilsilah asshahihah no hadits 3149.

 

*?KEUTAMAAN SHALAT SUNNAH DIRUMAH SEPERTI KEUTAMAAN SHALAT SECARA BERJAMA’AH*

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
“Shalat Sunnahnya seseorang dirumahnya, pahalanya melebihi shalat Sunnah seseorang dengan manusia seperti keutamaan shalat berjamaah dibandingkan dengan shalat sendiri.

?Assyaikh yang mulia Badr Ibnu Muhammad Al Badr Al ‘anaziy mengomentari hadits ini:

✅ ” tidak diragukan lagi bahwa shalat yang paling Afdhal bagi seorang laki-laki adalah *didalam rumahnya,* kecuali shalat wajib sebagaimana disebutkan didalam hadits yang shahih.

?Dan Hadits ini sebagaimana yang *dishahihkan oleh seorang imam dari para imam hadits pada masa ini,* ketahuilah dia adalah *Al imam Al albaaniy* Rahimahullah, didalamnya terdapat dalil yang jelas tentang keutamaan shalat Sunnah dirumah, *maka semestinya bagi seorang muslim untuk menjaga didalam menunaikannya di dalam rumah, agar mendapatkan keutamaan yang besar ini.*

Sumber: ?
https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=149943

Alih bahasa: ?
Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu ‘umar.

Website: ?
Salafycurup.com

⏯Telegram.me/salafycurup