🏡KEUTAMAAN YANG BESAR BAGI SESEORANG YANG SHALAT SUNNAH DIRUMAHNYA

🎙Assyaikh Al albaaniy Rahimahullah.

*🌾Faidah hadits🌾*

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
” Shalat Sunnahnya seseorang didalam rumahnya, (pahalanya) melebihi dari shalat Sunnahnya dengan Manusia, *Seperti keutamaan seseorang shalat berjamaah dibandingkan dengan shalat sendiri*

📓Dikeluarkan oleh Abdurrazaq didalam kitab Almushannafnya (3/70/4835) demikian pula Ibnu Abi syaibah (2/256) dari Atstsauri dari Manshur dari Hilal Ibnu Yisaf dari Dhamrah Ibnu Habib Ibni Shuhaib dari seseorang dari sahabat Muhammad shalallahu alaihi wasallam dia mengatakan: …… (sebagaimana yang tersebut diatas).

✍Saya katakan(Assyaikh Al albaaniy Rahimahullah) : *ini adalah sanad yang shahih* semua perawinya tsiqah(terpercaya) dari perawi Muslim, selain Dhamrah, beliau adalah Zubaidi Alhimshiy, beliau adalah seorang tabi’in yang tsiqah(terpercaya) yang nampak dari sanadnya adalah waqf( disandarkan kepada sahabat).

✅ Namun padanya terdapat hukum marfu’ *(disandarkan kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam).*

✋Dikarenakan tidak mungkin untuk dikatakan ucapan tersebut(dari sahabat) dengan akal dan pendapatnya,

☀ sebagaimana hal ini jelas dan tidak tersamarkan bagi para ulama.

Sumber 📖
Assilsilah asshahihah no hadits 3149.

 

*🏘KEUTAMAAN SHALAT SUNNAH DIRUMAH SEPERTI KEUTAMAAN SHALAT SECARA BERJAMA’AH*

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:
“Shalat Sunnahnya seseorang dirumahnya, pahalanya melebihi shalat Sunnah seseorang dengan manusia seperti keutamaan shalat berjamaah dibandingkan dengan shalat sendiri.

🎙Assyaikh yang mulia Badr Ibnu Muhammad Al Badr Al ‘anaziy mengomentari hadits ini:

✅ ” tidak diragukan lagi bahwa shalat yang paling Afdhal bagi seorang laki-laki adalah *didalam rumahnya,* kecuali shalat wajib sebagaimana disebutkan didalam hadits yang shahih.

📖Dan Hadits ini sebagaimana yang *dishahihkan oleh seorang imam dari para imam hadits pada masa ini,* ketahuilah dia adalah *Al imam Al albaaniy* Rahimahullah, didalamnya terdapat dalil yang jelas tentang keutamaan shalat Sunnah dirumah, *maka semestinya bagi seorang muslim untuk menjaga didalam menunaikannya di dalam rumah, agar mendapatkan keutamaan yang besar ini.*

Sumber: 📲
https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=149943

Alih bahasa: 📲
Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu ‘umar.

Website: 🌏
Salafycurup.com

⏯Telegram.me/salafycurup