IBLIS SAJA MEYAKINI BAHWA AL-QURโ€™AN ADALAH KALAMULLAH

Syarh kitab Asy-Syariโ€™ah karya Al-Imam Al-Aajurry rahimahullah

Asy-Syaikh Rabiโ€™ bin Hady Al-Madkhaly hafizhahullah

Al-Imam Al-Aajurry rahimahullah berkata:

ย ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽุฒู’ูˆููŠู’ู†ููŠู‘ู ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏูŽูƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฒู’ูˆููŠู’ู†ููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุจู’ู†ูŽ ูŠููˆู’ุณูููŽ ุงู„ุฒู‘ูู…ู‘ููŠู‘ูŽุŒ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู: ุจูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ูŽุง ู‚ูŽุงุฆูู„ูŒ ูููŠู’ ุจูŽุนู’ุถู ุจููŠููˆู’ุชู ุฎูŽุงู†ูŽุงุชู ู…ูŽุฑู’ูˆู ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽู†ูŽุง

ย ุจูู‡ูŽูˆู’ู„ู ุนูŽุธููŠู’ู…ูุŒ ู‚ูŽุฏู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽุŒ ููŽู‚ูู„ู’ุชู: ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุชูŽุฎูŽุงูู ูŠูŽุง ุฃูŽุจูŽุง ุฒูŽูƒูŽุฑููŠู‘ูŽุงุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูู„ู’ุชู: ููŽู†ูŽุนูŽู…ู’ุŒ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽู‚ูู…ู’ุชู ูˆูŽุชูŽู‡ูŽูŠู‘ูŽุฃู’ุชู ู„ูู‚ูุชูŽุงู„ูู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃู†ุง ุฃูŽุจููˆู’ ู…ูุฑู‘ูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู‚ูู„ู’ุชู: ู„ูŽุง ุญูŽูŠู‘ูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ูุŒ

ย ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ู„ูŽูˆู’ ุนูŽู„ูู…ู’ุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ูููŠู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุฏู’ุฎูู„ู’ุŒ ูˆูŽูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽู†ู’ุฒูู„ู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽู†ู’ุฒูู„ููŠ ุญููŠู†ูŽ ุขุชููŠ ุฎูุฑูŽุงุณูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู‚ูู„ู’ุชู: ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูŽุชูŽูŠู’ุชูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงู‚ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽู‚ูู„ู’ุชู: ูˆูŽู…ูŽุง ุนูŽู…ูู„ู’ุชูŽ

ย ุจูุงู„ู’ุนูุฑูŽุงู‚ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฎูŽู„ู‘ูŽูู’ุชู ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฎูŽู„ููŠู’ููŽุฉู‹ุŒ ู‚ูู„ู’ุชู: ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู‡ููˆูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุจูุดู’ุฑูŒ ุงู„ู’ู…ูุฑู‘ููŠู’ุณููŠู‘ูุŒ ู‚ูู„ู’ุชู: ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุนููˆู’ุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฅูู„ูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽุขุชููŠ ุฎูุฑูŽุงุณูŽุงู†ูŽ ููŽุฃูŽุฎู’ู„ููู ูููŠู’ู‡ูŽุง ุฎูŽู„ููŠู’ููŽุฉู‹ ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูู„ู’ุชู:

ย ุฅููŠุดู ุชูŽู‚ููˆู’ู„ู ูููŠู’ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชู ุดูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู‹ุง ุฑูŽุฌููŠู’ู…ู‹ุง ุฃูŽู‚ููˆู„ู: ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูƒูŽู„ูŽุงู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุฎู’ู„ููˆู’ู‚ู.

Telah mengabarkan juga kepada kami Abu Abdillah Al-Qazwainy: telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abdak Al-Qazwainy dia berkata: saya mendengar Yahya bin Yusuf Az-Zimmy bercerita: โ€œKetika saya sedang tidur siang di salah satu penginapan di kota Marwa, tiba-tiba ada seseorang yang masuk dalam bentuk yang menyeramkan.ย Maka saya bertanya: โ€œSiapa engkau?โ€

Dia menjawab: โ€œEngkau tidak takut kepadaku wahai Abu Zakariya?!โ€

Saya jawab: โ€œTidak, siapa engkau?โ€ย Saya bangkit untuk bersiap menyerangnya.

Maka dia menjawab: โ€œAku Abu Murrah.โ€

Saya membalas: โ€œSemoga Allah tidak memberimu kehidupan.โ€

Dia berkata: โ€œSeandainya aku tahu engkau berada di rumah ini, aku tidak akan masuk dan aku akan tinggal di rumah lain, dan ini adalah rumah yang biasa aku tinggali jika aku datang ke Khurasan.โ€

Saya bertanya: โ€œEngkau datang dari mana?โ€

Dia menjawab: โ€œDari Iraq.โ€

Saya tanya lagi: โ€œApa yang engkau lakukan di Iraq?โ€

Dia menjawab: โ€œAku mengangkat seorang khalifah di sana.โ€

Saya tanya: โ€œSiapa dia?โ€

Dia menjawab: Bisyr Al-Mirrissy.โ€

Saya tanya: โ€œApa yang dia dakwahkan?โ€

Dia menjawab: โ€œMeyakini bahwa Al-Qurโ€™an adalah makhluk, dan aku akan pergi ke Khurasan untuk mengangkat seorang khalifah di sana juga.โ€

Saya tanya lagi: โ€œKalau kamu sendiri apa keyakinanmu terhadap Al-Qurโ€™an.โ€

Dia menjawab: โ€œWalaupun aku adalah syetan yang terkutuk, aku meyakini bahwa Al-Qurโ€™an adalah kalam Allah dan bukan makhluk.โ€

(Asy-Syariโ€™ah hal. 244 no. 217, atsar no. 104, terbitan Muassasah Qurthubah, cet. Pertama tahun 1417 H โ€“pent)

ย ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุงู„ุทู‘ูŽูŠูŽุงู„ูุณููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุจูู†ู’ุฏูŽุงุฑูŒ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุจูŽุดู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุญูŽู…ููŠุฏู ุงู„ู’ูˆูŽุงุณูุทููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ู…ููˆุณูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู

ย ุงู„ู’ู…ูุซูŽู†ู‘ูŽู‰ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ุนูŽู„ูŽู‰ ุดูŽูŠู’ุฎู ุถูŽุฑููŠู’ุฑู ุจูุงู„ู’ุจูŽุตู’ุฑูŽุฉูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุญู’ุฏูŽุซููˆู’ุง ุจูุจูŽุบู’ุฏูŽุงุฏูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽ ุจูุฎูŽู„ู’ู‚ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู: ุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู…ูŽุฎู’ู„ููˆู‚ู‹ุงุŒ ููŽู…ูŽุญูŽุง ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุตูŽุฏู’ุฑููŠู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุณูŽู…ูุนู’ู†ูŽุง

ย ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุฑูŽูƒู’ู†ูŽุงู‡ู ูˆูŽุงู†ู’ุตูŽุฑูŽูู’ู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ู‡ูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู…ูุฏู‘ูŽุฉู ู„ูŽู‚ููŠู†ูŽุงู‡ูุŒ ููŽู‚ูู„ู’ู†ูŽุง ูŠูŽุง ููู„ูŽุงู†ู ู…ูŽุง ููŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽุง ุจูŽู‚ููŠูŽ ูููŠู’ ุตูŽุฏู’ุฑููŠ ู…ูู†ู’ู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒุŒ ู‚ูู„ู’ู†ูŽุง: ูˆูŽู„ูŽุง {ู‚ูู„ู’ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ} [ุงู„ุฅุฎู„ุงุต: 1]

ย ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽู„ูŽุง {ู‚ูู„ู’ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ} [ุงู„ุฅุฎู„ุงุต: 1] ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุณู’ู…ูŽุนูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑููŠ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุคูู‡ูŽุง.

.

Telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad Abdullah bin Al-Abbas Ath-Thayalisy: telah menceritakan kepada kami Bundar Muhammad bin Basysyar, dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr Abdullah bin Muhammad bin Abdul Hamid Al-Wasithy: telah menceritakan kepada kami Abu Musa Muhammad bin Al-Mutsanna dia berkata: โ€œKami dahulu mengambil riwayat dari seorang syaikh yang buta di Bashrah, maka ketika manusia membuat bidโ€™ah di Baghdad dengan menyatakan bahwa Al-Qurโ€™an adalah makhluk, syaikh tersebut berkata: โ€˜Jika Al-Qurโ€™an bukan makhluk, semoga Allah melenyapkan Al-Qurโ€™an dari dadaku.โ€™ Ketika kami mendengar kesesatannya tersebut maka kami meninggalkannya. Beberapa waktu kemudian kami berjumpa lagi dengannya, maka kami bertanya: โ€˜Wahai fulan, apa yang terjadi dengan Al-Qurโ€™an?โ€™ Dia menjawab: โ€˜Tidak ada darinya yang tersisa di dadaku sedikit pun.โ€™ Kami tanya lagi: โ€˜Walaupun cuma qulhuwallahu ahad?โ€™ Dia menjawab: โ€˜Walaupun cuma qulhuwallahu ahad, kecuali jika aku mendengar orang lain membacanya.โ€ย (Asy-Syariโ€™ah hal. 244 no. 218, atsar no. 105)

Penjelasan:

Dua kisah ini shahih, mungkin ada yang menganggap aneh, tetapi ini tidak aneh dan bukan kisah yang baru. Yahya bin Yusuf Az-Zimmy menceritakan kisah ini, maksudnya diceritakan darinya dengan sanad shahih bahwa syetan mendatanginya di Marwa di sebuah penginapan, sepertinya menyerupai hotel yang biasa untuk singgah orang-orang asing dan para utusan, demikian juga dari jenis ini. Syetan berkata kepadanya: โ€œEngkau tidak takut kepadaku?โ€ Abu Zakariya (Yahya bin Yusuf โ€“pent) menjawab: โ€œTidak, aku tidak takut kepadamu, siapa engkau?โ€ Syetan menjawab: โ€œAku Abu Murrah.โ€ Maksudnya dia adalah syetan, yaitu syetan terbesar (Iblis โ€“pent) yang telah dilaknat oleh Allah.

Yahya berkata: โ€œSaya bangkit untuk bersiap menyerangnya.โ€ Ini menunjukkan bahwa dia tegar dan kokoh hatinya, mungkin kalau seorang pengecut dia bisa jatuh dan meninggal karena syetan ada di hadapannya dan dia merasa takut. Manusia biasanya tidak mampu menghadapi jin. Banyak manusia ketika melihat jin mati karena ketakutan. Namun sebagian manusia ada yang jin tidak mampu menghadapi dan mengalahkannya, diantaranya Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu anhu. Tidaklah beliau melewati sebuah jalan kecuali syetan akan mencari jalan lain.

Juga Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau pernah menangkap syetan yang mencuri makanan (zakat โ€“pent) dan beliau menangkapnya hingga tiga kali tanpa rasa takut. Seorang muโ€™min yang kuat tidak takut, sama saja kepada jin maupun kepada manusia. Dia tidak takut kecuali kepada Allah Tabaraka wa Taโ€™ala, apalagi ketakutan yang sifatnya syirik, kita berlindung kepada Allah darinya. Jadi sebagian manusia ada yang takut yang sampai tingkat syirik, seperti takut kepada orang-orang yang telah mati dan takut kepada syetan, kita berlindung kepada Allah dari musibah semacam ini.

Jadi dia tidak takut, tegar dan kuat menghadapi syetan dengan cara seperti ini. Maka syetan berkata kepadanya: โ€œSeandainya aku tahu engkau berada di rumah ini, aku tidak akan masuk dan aku akan tinggal di rumah lain.โ€ Ini bukti yang menunjukkan bahwa syetan dan jin tidak mengetahui perkara ghaib sebagaimana yang Allah firmankan pada kisah Sulaiman:

ย ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฎูŽุฑู‘ูŽ ุชูŽุจูŽูŠู‘ูŽู†ูŽุชู ุงู„ู’ุฌูู†ู‘ู ุฃูŽู† ู„ู‘ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽุจูุซููˆุง ูููŠ ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ู…ูู‡ููŠู†ู) (ุณุจุฃ: 14)

โ€œMaka tatkala dia (jasad Sulaiman) jatuh tersungkur, jelaslah bagi syetan bahwa seandainya mereka mengetahui perkara ghaib, niscaya mereka tidak akan terlalu lama berada pada siksaan (kekuasaan Sulaiman) yang menghinakan.โ€ (QS. Sabaโ€™: 14)

Juga firman-Nya:

ย (ู‡ูŽู„ู’ ุฃูู†ูŽุจู‘ูุฆููƒูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู† ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†ู * ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุฃูŽูู‘ูŽุงูƒู ุฃูŽุซููŠู…ู * ูŠูู„ู’ู‚ููˆู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ู’ุนูŽ ูˆูŽุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูู‡ูู…ู’ ูƒูŽุงุฐูุจููˆู†ูŽ) (ุงู„ุดุนุฑุงุก: 221-223)

โ€œKatakanlah: maukah kukabarkan kepada siapa syetan-syetan itu suka turun. Dia turun kepada setiap pendusta lagi pendosa. Mereka suka mencuri-curi berita dari langit dan kebanyakan mereka adalah para pendusta.โ€ (QS. Asy-Syuโ€™araaโ€™: 221-223)

Mereka para pendusta โ€“baarakallahu fiikโ€“ karena suka mencuri berita di awan atau di langit dan menyambar satu kalimat lalu turun dan menyampaikannya ke telinga dukun atau tukang sihir dan menambahinya dengan seratus kedustaan. Yang menambahi ini ada yang mengatakan syetan dan ada yang mengatakan dukun. Yang jelas sama saja apakah dukun atau syetan. Tukang sihir dan dukun mengambil berita bohong dan dusta dari syetan, mereka adalah para pendusta, karena siapa saja yang menyampaikan sebuah ucapan yang dia ketahui itu dusta maka dia termasuk salah seorang pendusta.

Yang jelas syetan berkata: โ€œSeandainya aku tahu engkau berada di rumah ini, aku tidak akan masuk dan aku akan tinggal di rumah lain.โ€ Dia tidak akan tinggal di rumah tersebut. Dia berkata: โ€œDan ini adalah rumah yang biasa aku tinggaliโ€ฆโ€ Maksudnya rumah yang engkau (Yahya) tinggali ini biasa aku singgahi. Ucapannya: โ€œโ€ฆ Jika aku datang ke Khurasan.โ€ Maksudnya fitnah menyala di sana.

Yahya bertanya: โ€œEngkau datang dari mana?โ€ Syetan menjawab: โ€œDari Iraq.โ€ Yahya bertanya lagi: โ€œApa yang engkau lakukan di Iraq?โ€ Syetan menjawab: โ€œAku mengangkat seorang khalifah di sana.โ€ Khalifah itu bisa juga khalifah yang diangkat oleh syetan. Yahya bertanya: โ€œSiapa dia?โ€ Syetan menjawab: โ€œBisyr Al-Mirrisy.โ€ Jadi para dai bidโ€™ah dan kesesatan adalah para khalifah syetan. Sedangkan para ulama adalah pewaris para nabi dan khalifah sepeninggal mereka insya Allah. Para dai bidโ€™ah, kebathilan, kekafiran, dan kesesatan adalah khalifah Iblis dan bala tentaranya. Maka hati-hatilah jangan sampai salah seorang dari kalian menjadi salah seorang tentara syetan atau khalifahnya! Kita memohon kepada Allah agar menjaga agama kita dari berbagai fitnah dan bidโ€™ah serta membersihkan kita dari kekuasaan syetan.

Yahya bertanya lagi: โ€œApa yang dia dakwahkan?โ€ Syetan menjawab: โ€œMeyakini bahwa Al-Qurโ€™an adalah makhluk.โ€ Satu ini saja merupakan pekerjaan besar bagi syetan, padanya ada peperangan dan khilafah dan lain-lain. Di sana ada berbagi bidโ€™ah besar โ€“kita berlindung kepada Allah darinyaโ€“ yang sebagiannya diserukan oleh banyak manusia. Engkau jumpai ini adalah satu dari ratusan bidโ€™ah yang dibisikkan oleh syetan, namun yang memilukan mereka (hizbiyun โ€“pent) lebih kuat dan hebat dalam melaksanakan kekhalifahan syetan dibandingkan Bisyr Al-Mirrisy.

Saya pernah mengatakan hal ini kepada sebagian orang-orang yang membela sebagian ahli bidโ€™ah di masa ini, saya katakan kepadanya: โ€œApa yang menyebabkan kalian membantah Al-Mirrisy dan karena apa dia jatuh (terhina) di mata umat baik yang dari Ahlus Sunnah maupun dari ahli bidโ€™ah?!โ€

Dia menjawab: โ€œKarena dia meyakini bahwa Al-Qurโ€™an adalah makhluk.โ€

Saya katakan kepadanya: โ€œSi fulan ikut andil bersamanya dalam masalah ini dan padanya terdapat ratusan bidโ€™ah yang lain yang besar dan lebih besar dibandingkan ini, kenapa semua itu tidak membuatmu tergerak (marah) sama sekali?!

Lihatlah ya ikhwah, ini adalah kebutaan (hati โ€“pent), kita berlindung kepada Allah dari kebutaan dan kesesatan. Saya berlindung kepada Allah dari bala ini, terlebih lagi ketika bala ini ada pada mereka dalam keadaan mereka mengaku bermanhaj salaf. Tentunya bencana semakin besar dan musibahnya bertambah parah jika para pembela berbagai bidโ€™ah besar mengklaim dan mengaku bermanhaj salaf. Jadi demi Allah ini adalah bencana besar bagi umat. Mereka telah banyak membahayakan diri mereka sendiri dan orang-orang yang dungu dan bodoh yang mengikuti mereka, kita memohon keselamatan kepada Allah.

Syetan berkata: โ€œDan aku akan mendatangi Khurasan.โ€

Karena daerah timur ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi was sallam:

ย ุจูู‡ูŽุง ูŠูŽุทู’ู„ูุนู ู‚ูŽุฑู’ู†ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู.

โ€œDi sana muncul tanduk syetan.โ€(HR. Al-Bukhary no. 1037 dan Muslim no. 2905 โ€“pent)

Jadi di Iraq dan wilayah setelahnya munculnya tanduk syetan. Bidโ€™ah Rafidhah, Khawarij, Muโ€™tazilah, Jahmiyah dan selain mereka yang diantaranya adalah keyakinan bahwa Al-Qurโ€™an adalah makhluk, ini semua muncul tanduknya dari timur, kita memohon kepada Allah Tabaraka wa Taโ€™ala agar menghentikan kejahatannya terhadap Islam dan umat Islam.

Yusuf bertanya kepadanya: โ€œKalau kamu sendiri apa keyakinanmu terhadap Al-Qurโ€™an.โ€

Maksudnya jika engkau demikian semangat seperti ini dan mengangkat khalifah untuk mengusung bidโ€™ah ini, engkau sendiri apa pendapatmu tentangnya?

Syetan menjawab: โ€œWalaupun aku adalah syetan yang terkutuk, aku meyakini bahwa Al-Qurโ€™an adalah kalam Allah dan bukan makhluk.โ€

Jadi syetan mentertawakan manusia dan menyesatkan mereka, baarakallahu fiik.

ย ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ุญูุฒู’ุจูŽู‡ู ู„ููŠูŽูƒููˆู†ููˆุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ุณู‘ูŽุนููŠุฑู. (ูุงุทุฑ: 6)

โ€œSyetan itu hanyalah mengajak kelompoknya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.โ€ (QS. Fathir: 6)

Kita berlindung kepada Allah darinya.

Sebagian dai mungkin ada yang membantahmu dengan mengatakan: โ€œDia (seorang hizbi atau ahli bidโ€™ah โ€“pent) tidak mengimani hal ini.โ€ Misalnya dia tidak meyakini wihdatul wujud (alam ini hakekatnya hanya satu, jadi makhluk hakekatnya adalah Allah sendiri โ€“pent). Baiklah, dia tidak meyakini wihdatul ujud, tetapi dia menyerukannya! Berarti dia syetan, baarakallahu fiik. Bahkan dia lebih jahat dibandingkan orang-orang yang terjatuh ke dalam bidโ€™ahnya, kalian tahu kenapa?!

Mereka mengatakan kepadamu: โ€œDia tidak meyakini wihdatul wujud, dia hanya mengucapkannya dan menulisnya, hanya terlanjur bicara dan menulis saja.โ€ Baiklah, tetapi apa yang mendorong dia untuk terus menulis dan memuji orang-orang yang meyakininya dan seterusnya?! Jika dia meyakininya maka dia termasuk mereka, dan jika dia tidak meyakininya maka dia lebih jahat dari mereka. Ini termasuk makar syetan, dia tidak meyakini bahwa Al-Qurโ€™an adalah makhluk tetapi menyerukannya dan semangat melakukannya, demikianlah dalam keadaan dia tidak meyakininya.

Maka jika seseorang misalnya menyerukan sosialisme atau agama Yahudi atau Nashrani serta memujinya walaupun tidak mengimaninya, seperti Paulus yang menyerukan agama Nashrani dalam keadaan dia tidak meyakininya, maka dia lebih kafir dari mereka, padahal dia tidak meyakini bahwa Isa adalah anak Allah atau satu dari yang tiga atau meyakini bahwa Isa adalah Allah sendiri. Dia yang membuat-buat keyakinan ini walaupun dia tidak meyakininya, tetapi dia lebih najis dan lebih kafir dibandingkan orang-orang Nashara.

Jadi demikianlah, orang yang menyerukan bidโ€™ah, sama saja apakah bidโ€™ah yang sampai tingkat kafir atau tidak, maka dia lebih buruk dibandingkan orang yang tidak menyerukannya dari orang-orang yang meyakininya. Kalian faham ini?!

Maka jika ada orang yang mengatakan kepadamu: โ€œSi fulan tidak meyakini wihdatul wujud.โ€ Ceritakanlah kisah ini dan hafallah agar menjadi hujjah yang membantahnya, dan ini adalah kisah yang shahih, kalian paham?.

***

Download Audio

Ditranskrip oleh:ย Abu Ubaidah Munjid bin Fadhl Al-Haddad, padaย Jumโ€™at, 15 Ramadhan 1433 H

Sumber artikel:ย www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=29449