Salafycurup.com ~ Menebar cahaya nubuwah

JAUHI KEBID’AHAN DAN AHLULBID’AH ❕

JAUHI KEBID’AHAN DAN AHLULBID’AH ❕

Ditulis oleh Abu Fudhoil. Di Manhaj . Diterbitkan pada 13 Ramadhan 1438H / 13-6-2017.

Al-istiqomah:
🔴🎯 Menjauhi Kebid’ahan dan Ahlul Bid’ah.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

✅ Syaikh Ubaid al-Jabiri hafidzhahullah menyatakan: …”dan semua hal baru yang diada-adakan (dalam agama) adalah bid’ah. Jika ada seseorang muslim melakukan kebid’ahan, mengetahuinya, dan menentang, maka hendaknya (muslim lain) berlepas diri darinya dan memboikotnya jika memiliki kemampuan dalam meng-hajr (menjauhi)nya. Selama tidak ada menghasilkan mafsadah yang lebih besar dibandingkan maslahat yang diharapkan.

🔰 Dalam hal ini dilihat 2 keadaan:

1⃣. Yang pertama, jika Ahlussunnah kuat maka mereka menghinakan Ahlul Bid’ah dan bersikap keras dalam ucapan, mengupayakan berbagai upaya untuk mengingkari, menghinakan, dan memperingatkan (umat) dari mereka, hingga mereka terhalangi dari kaum muslimin lain dan tidak bisa membuat kerusakan pada agama mereka.

2⃣. Yang kedua, jika keadaannya adalah sebaliknya. Jika kedudukan Ahlul Bid’ah kuat, maka Ahlussunnah mencukupkan diri dengan membantah kebid’ahan hingga membersihkan agama Allah, dan hingga orang yang memiliki hati dan mau menyimak dengan baik, serta Diennya hidup (bisa mengambil manfaat, pent). Diharapkan saat seseorang memperingatkan (bahaya) kebid’ahan dan menjelaskan bahwa hal itu adalah bid’ah dengan dalil alQuran dan asSunnah (orang-orang semacam itu) bisa memahami dan meninggalkan kebid’ahan dan Ahlu Bid’ah. Kadangkala seorang muslim mendapatkan ujian sehingga tidak mampu memisahkan diri dari Ahlul Bid’ah karena mereka memiliki kekuasaan, atau karena jumlahnya banyak, atau karena kekuatan, dan sebagainya, maka dalam keadaan ini Allah tidaklah membebani di atas kemampuannya. Jika ia mampu untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar, memperingatkan dari bid’ah, maka silakan dilakukan. Namun jika ia dikalahkan dalam keadaannya (dalam posisi lemah) dan tidak mampu ber-amar ma’ruf nahi munkar, maka ia mencukupkan mengingkari dengan hati, dan menghibur diri dengan ayat ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ عَلَيْكُمْ أَنفُسَكُمْ لاَ يَضُرُّكُم مَّن ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ

🍃 “Wahai orang-orang yang beriman, wajib bagi kalian menjaga diri kalian (sendiri). Tidaklah orang – orang yang tersesat bisa menimbulkan mudharat bagi kalian jika kalian mendapat petunjuk (Q.S al-Maidah:105).

🌹 (transkrip ceramah Syaikh Ubaid al-Jabiri dalam menjelaskan Syarhus Sunnah lil Muzani).

🔑 Kendari, 13 Ramadhan 1438 H / 8 Juni 2017.
~~~~~~~~~~~~~~~~

📒 Dikutip dari Buku “Akidah Imam Al-Muzani (Murid Imam Asy-Syafii)”

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍️ http://telegram.me/alistiqomah

Shortlink : http://salafycurup.com/?p=120


86 out of 100 based on 427 user ratings
1 stars 2 stars 3 stars 4 stars 5 stars

Artikel Lainnya dari Manhaj

✋Jaga lisan ketika marah

✋Jaga lisan ketika marah

*⚖Latihlah dirimu agar mau mengakui kesalahan dan kembali pada kebenaran

*⚖Latihlah dirimu agar mau mengakui kesalahan dan kembali pada kebenaran

💰🏠Hukum menitipkan uang di bank

💰🏠Hukum menitipkan uang di bank

✅🏡Inilah perniagaan yang menguntungkanmu
✅🏡Inilah perniagaan yang menguntungkanmu
Wahai saudaraku sesungguhnya semua itu telah Allah tentukan
Wahai saudaraku sesungguhnya semua itu telah Allah tentukan
Pentingnya memperbaiki akhlak setelah mengenal manhaj salaf Pentingnya memperbaiki akhlak setelah mengenal manhaj salaf
Apakah dzikir setelah shalat fardhu dibaca juga seusai shalat Sunnah Apakah dzikir setelah shalat fardhu dibaca juga seusai shalat Sunnah
Ketentraman itu adalah ketentraman hati Ketentraman itu adalah ketentraman hati

Tags :


Galeri Salafy Curup

*⚖Latihlah dirimu agar mau mengakui kesalahan dan kembali pada kebenaran Pentingnya memperbaiki akhlak setelah mengenal manhaj salaf 💊🍯Cara yang sesuai dalam menasihati dan berdakwah Kunci dari Qadha(Memutus Perkara Perselisihan) adalah Pemahaman, bukan Sekedar Ilmu Bercerminlah! Amalanmu yang Menjadi Bukti Ahlussunnah Senantiasa Berporos kepada Al-Haq *🔥AHLI BID’AH LEBIH BERBAHAYA DARI AHLI MAKSIAT* *✊⚖POKOK DAKWAH BERDIRI KOKOH DIATAS TIGA PILAR* 🎯💥BENARKAH KAIDAH  *الغاية تبرر الوسيلة*  *(Tujuan menjadikan boleh segala macam cara untuk mendapatkannya)* ❓ 💥🛡BAGAIMANA SIKAP KITA TERHADAP PENGIKUT AHLUL BID’AH*❓ 🏡💥BAGAIMANA BERMUAMALAH DENGAN PARA PELAKU MAKSIAT.* 📚MENGAMBIL FAIDAH DARI -KITAB KITAB YANG MENYIMPANG.* Dialog Sahabat Yang Mulia Ibnu Abbas Dengan Kaum Teroris Khawarij

Kolom Komentar

Artikel Terbaru

Kategori

Arsip

Halaman

Asatidzah Pembimbing

Buku Tamu

Situs Ulama

Situs Salafy Indonesia

Tentang Kami Hubungi Kami Alamat Kami Buku Tamu Kritik & Saran

Salafycurup.com adalah situs resmi salafy curup provinsi Bengkulu. Alamat : Jl. Batu Galing RT.4 RW.1 Kelurahan Air Bang, Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Cp : +62 823 71589900 (Abu ‘Aisyah)

© Copyright 2017 Salafycurup.com. All Rights Reserved.